Apakah Sains itu?

2 min read

Industri Sains Era RI 4.0

Pertarungan tentang evolusi pengajaran di kelas terjadi di ruang sidang dan di dewan sekolah di seluruh Amerika, dan perkembangan terkini dapat memengaruhi pendidikan sains di seluruh negeri. Sebelas orang tua telah mengajukan gugatan terhadap dewan sekolah Dover, Pennsylvania, menuduh bahwa keputusan untuk mewajibkan pengajaran desain cerdas sebagai hipotesis alternatif untuk evolusi melanggar larangan Konstitusi AS tentang promosi agama oleh negara. Kedua belah pihak sekarang telah memperdebatkan kasus mereka di depan hakim, dan keputusan diharapkan pada Januari 2006. Namun pemilihan pada awal November telah menggulingkan delapan anggota dewan yang mendukung kebijakan desain cerdas dan menggantikan mereka dengan mereka yang menentangnya. Tampaknya, terlepas dari hasil persidangan, kebijakan tersebut akan dibatalkan.

Meskipun ini merupakan keuntungan bagi pendidikan sains, di tempat lain di negara ini definisi sains sedang ditulis ulang. Pada 8 November 2005, Kansas Board of Education memilih enam hingga empat untuk mengadopsi standar sains baru yang kritis terhadap evolusi. Meskipun dewan berpendapat bahwa standar tidak mengamanatkan pengajaran desain cerdas — juga tidak melarangnya — kritik eksplisit yang tercantum dalam standar mengadopsi bahasa yang sama yang digunakan oleh para pendukung desain cerdas. Baca artikel menarik di Ryudhapp.

dewan mendefinisikan ulang sains sebagai “metode sistematis untuk melanjutkan penyelidikan yang menggunakan observasi, pengujian hipotesis, pengukuran, eksperimen, argumen logis, dan pembangunan teori untuk menghasilkan penjelasan yang lebih memadai tentang fenomena alam.” Definisi sains yang sebagian besar operasional ini membuat satu kelalaian penting: kata “alami” telah dihapus dari frasa “penjelasan alami”. Definisi ini dengan demikian berfungsi sebagai undangan tetap untuk memasukkan diskusi tentang penjelasan supernatural untuk fenomena alam, seperti asal mula kehidupan, di ruang kelas sains.

Untungnya, standar tersebut tidak akan berlaku paling cepat hingga tahun 2007, dan semoga saja pemilu tahun 2006 dapat sekali lagi mengubah susunan dewan sekolah dan arahnya. Dengan demikian, tidak pasti apakah ada siswa Kansas yang benar-benar akan dikenakan standar baru. Namun demikian, mengingat empat negara bagian lain — Minnesota, New Mexico, Ohio, dan Pennsylvania — telah meminta analisis kritis evolusi, Pusat Pendidikan Sains Nasional membunyikan peringatan bahwa standar Kansas dapat menjadi preseden bagi bagian lain negara itu .

Karena desain cerdas tidak akan tahan terhadap ketelitian sains dan karena nasib standar baru Kansas tetap tidak pasti, mengapa tidak membiarkannya berjalan dengan sendirinya? Alasan utamanya adalah bahwa pengajaran desain cerdas sebagai bagian dari kurikulum sains tidak lebih dari sekadar memberikan hipotesis alternatif yang tidak masuk akal secara ilmiah (untuk diskusi saat ini mari kita kesampingkan perdebatan tentang apakah desain cerdas dapat disebut hipotesis); itu menggantikan proses yang didasarkan pada pemikiran logis dan deduksi dengan yang didasarkan pada keyakinan. Editorial Februari 2005 kami menunjukkan bahwa salah satu kritik utama evolusi yang diajukan oleh para pendukung desain cerdas membingungkan teori ilmiah dengan fakta. Teori ilmiah menggabungkan pengamatan (fakta) yang ada dan membuat prediksi yang dapat diuji secara eksperimental. Sejalan dengan ini, evolusi sebagai teori spesiasi membuat prediksi yang telah, dan akan terus, diuji oleh para ilmuwan di seluruh dunia. Sebaliknya, desain cerdas tidak menghasilkan ide yang dapat diuji. Penegasan bahwa organisme begitu kompleks sehingga harus dirancang adalah dogmatis dan tidak menyisakan ruang untuk eksperimen. Mengajarkan hipotesis semacam itu di ruang kelas sains akan memperpendek proses ilmiah pada tahap perumusan hipotesis dan melewati sisa aktivitas penting untuk kemajuan sains, termasuk merancang eksperimen, mengevaluasi hasil eksperimen secara objektif, mempertimbangkan hipotesis alternatif, membuat kesimpulan dan mengkomunikasikan hasil dan interpretasinya kepada rekan-rekan seseorang sehingga mereka dapat menilai validitas kesimpulan. Dengan demikian, hal itu akan merusak fondasi dari pelatihan ilmiah.

Bahaya mengajarkan desain cerdas sebagai sains tidak terbatas pada biologi, karena alasannya dapat dengan mudah diperluas untuk menjelaskan fenomena alam kompleks lainnya. Dalam fisika, teori Big Bang untuk kelahiran alam semesta telah mendapat tantangan. Tapi kenapa berhenti di situ? Teori apa pun yang menjelaskan pergerakan lempeng tektonik dalam geologi atau perubahan iklim dalam ilmu atmosfer juga dapat digantikan oleh saran adanya kontrol oleh makhluk mahakuasa. Menggunakan jenis ‘penalaran’ ini, tidak perlu penelitian lebih lanjut, dan oleh karena itu tidak ada kemajuan lebih lanjut yang akan dibuat.

Menurut Los Angeles Times, Kansas Board of Education mengutip dukungan populer dalam jajak pendapat sebagai salah satu alasan tindakannya untuk mengubah standar sains, tetapi sains tidak ditentukan oleh suara. Keputusan tentang apa yang harus diajarkan di sekolah umum adalah, bagaimanapun, jadi kita semua memiliki tanggung jawab untuk mengadvokasi pendidikan sains. Kita harus secara aktif melibatkan semua orang dalam masyarakat kita — terlepas dari tingkat pendidikan, kelas sosial, kepercayaan agama, dan latar belakang etnis atau budaya — menjelaskan apa itu sains, bagaimana prosesnya bekerja, dan bagaimana kemajuan dibuat. Yang terpenting, kita harus terus berdebat, tanpa cemoohan atau merendahkan, mengapa desain cerdas tidak boleh diajarkan sebagai sains di sekolah (atau di tempat lain, dalam hal ini). Baca juga artikel menarik lainnya di Kuchingbloggers.

7 Alasan Teratas untuk Merenovasi Rumah Anda

Renovasi rumah mahal, memakan waktu, dan berantakan. Namun, banyak orang memilih untuk merenovasi rumah mereka karena berbagai alasan. Ada banyak alasan untuk memperbaiki rumah...
Event
1 min read